Tips Menulis Surat Perjanjian Adopsi Anak

Tips Menulis Surat Perjanjian Adopsi Anak
Dalam dunia surat menyurat, ada banyak sekali macam-macam surat. Salah satu surat yang paling banyak dipergunakan adalah surat perjanjian. Surat perjanjian adalah perjanjian tertulis antara kedua belah pihak yang bertujuan agar kedua belah pihak sama-sama menepati isi perjanjian yang telah dibuat dan disepakati bersama. Mengenai isi dari surat ini tentu tidak bertentangan dengan undang-undang dan norma susila yang berlaku.

Dan salah satu surat perjanjian yang ada adalah surat perjanjian adopsi anak. Surat perjanjian adopsi anak ini merupakan surat yang menyatakan penyerahan anak antara kedua pihak yaitu orang tua kandung dan orang tua asuh yang diikat dalam aturan hukum yang berlaku. Dengan adanya surat perjanjian tersebut, maka jika seandainya ada masalah dikemudian hati dapat diselesaikan melalui jalur hukum. 

Selain untuk mendapatkan jaminan lewat hukum, surat perjanjian adopsi anak ini juga dapat menegaskan bahwa anak yang telah diadopsi tidak bisa diambil kembali oleh pihak yang menyerahkan anak tersebut ke pengadopsi, kecuali atas kemauan pengadopsi sendiri. Jadi dengan adanya surat perjanjian ini diharapkan tidak menimbulkan kerugian dikedua belah pihak.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan contoh surat perjanjian adopsi anak.

Tips Menulis Surat Perjanjian Adopsi Anak

SURAT PERJANJIAN ( ADOPSI ANAK )
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama Suami                      : DONI AFRIZAL
Tempat & Tgl. Lahir         : Malang, 23 Maret 1993
Nama Istri                         : FENNA RISMALA
Tempat & Tgl. Lahir         : Padang, 14 Juni 1994
Alamat                              : Kebayoran, Jakarta Selatan
Adalah benar pasangan suami istri yang dengan ikhlas dan rela sepenuh hati dan tanpa paksaan dari pihak manapun menyerahkan bayi hasil pernikahan kami kepada pasangan suami istri:
Nama Suami                      : YENDRI AGUSTAF
Tempat & Tgl. Lahir         : Palembang, 25 Agustus 1981
Nama Istri                         : DESSY FRIDA SARI
Tempat & Tgl. Lahir         : Palembang, 17 Januari 1983
Alamat                              : Palembang, Sumatera Selatan
Untuk dibesarkan dan dibimbing dengan baik dan sebagai orang tua pengganti yang bertanggung jawab penuh atas kehidupan bayi kami selamanya. Kami dari pihak orang tua kandung berjanji tidak akan melakukan tuntutan dalam bentuk apapun yang berhubungan dengan bayi kami kepada orang tua angkat yang tersebut diatas dikemudian hari.
Demikianlah surat perjanjian ini kami buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
Palembang, 19 April 2018
            Orang Tua Kandung                                       Orang Tua Angkat
     ………………………………………..                        ………………………………………..
Saksi-saksi:
  1. ………………………………. (……………………….)
  2. ………………………………..(……………………….)
Mengetahui,
Ketua RT 10 Kelurahan Palembang
……………………………………………..
Demikianlah ulasan kami mengenai surat perjanjian adopsi anak. Semoga ulasan kami kali ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Sampai jumpa diulasan menarik dari kami yang berikutnya.

Subscribe to receive free email updates: