Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Yang Baik
Tak hanya saat melamar pekerjaan saja dibutuhkan tata cara dan prosedur yang benar, namun saat mengajukan pengunduran diri pun demikian. Cara yang paling tepat ketika berencana mengajukan pengunduran diri adalah dengan memberikan surat pengunduran diri. Namun dalam penulisan surat ini tentu saja anda harus memperhatikan banyak hal. Ini tentu saja bertujuan agar anda tetap meninggalkan kesan yang baik selama bekerja di tempat tersebut.

Memang banyak alasan yang mungkin bisa menjadi penyebab anda mengambil keputusan untuk mengundurkan diri. Mungkin saja karena ingin mencari suasana baru, ingin mencoba peruntungan di tempat lain, jenuh dengan suasana kantor yang begitu saja setiap hari, atau karena beberapa alasan lainnya.

Dalam menulis surat pengunduran diri sebenarnya sama halnya ketika anda menulis surat lamaran pekerjaan. Bahasa yang baik dan benar serta kata-kata yang sopan harus anda gunakan. Sebab dengan bahasa yang sopan maka seperti yang sudah dikatakan tadi akan menimbulkan kesan yang baik pada diri anda.

Dan dibawah ini merupakan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan ketika
menulis surat pengunduran diri. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Dalam penulisan surat pengunduran diri, hendaknya ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Usahakan pula anda menggunakan bahasa yang sopan dan tak menyinggung siapa pun. Jelaskan apa alasan pengunduran diri anda dengan bahasa yang baik. Namun hendaknya mengutarakannya tanpa menjelek-jelekan perusahaan tersebut. Akan lebih baik jika anda tetap menyanjung perusahaan tempat anda bekerja tersebut.

2. Yang selanjutnya adalah jangan lupa untuk mengucapkan rasa terima kasih anda karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Utarakan pula rasa bangga anda dan pujian terhadap perusahaan dan rekan kerja serta semua pimpinan anda.

3. Meskipun anda harus memberikan alasan yang jelas mengenai keputusan anda untuk mengundurkan diri, namun anda tidak perlu menceritakan secara detail mengenai alasan pengunduran diri anda. Maka katakan saja secara garis besarnya saja.

4. Jika perlu berikan sebuah cinderamata untuk perusahaan anda. Jadikan ini sebagai kenang-kenang yang akan memberikan kesan yang baik selama anda bekerja di perusahaan tersebut.

5. Jika ada cobalah berikan saran yang membangun untuk perusahaan tempat anda bekerja tersebut. Namun sampaikan saran tersebut dengan kata yang sopan tanpa menyinggung dan meninggalkan kesan salah paham.

Apabila sudah mengetahui hal apa saja yang harus anda perhatikan ketika akan menuliskan surat pengunduran diri, berikut ini kami sertakan pula contoh surat pengunduran dirinya yang mungkin bisa membantu anda.

Jakarta, 07 Oktober 2016

Kepada
Yth. Manager HRD

PT Maju Indah Makmur
Jl. Bangau 28 Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Ahmad Yani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Maju Indah Makmur sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 07 Oktober 2016.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT Maju Indah Makmur, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Maju Indah Makmur jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu PT Maju Indah Makmur dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.


Hormat saya,
Ahmad Yani

Itulah tips menulis surat pengunduran diri yang baik yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: